Harapan Besar Soal Piala Eropa 2020 dari Presiden UEFA

Harapan Besar Soal Piala Eropa 2020 dari Presiden UEFA
Harapan Besar Soal Piala Eropa 2020 dari Presiden UEFA
Aleksander Caferin, Presiden UEFA yang segera menggelar Piala Eropa 2020

Terlihat sekalai kalau Aleksander Ceferin benar-benar meletakkan harapan yang besar terhadap kesuksesan Piala Eropa UEFA 2020 (Euro 2020). Walaupun proses turnamen yang dihelat 4 tahun sekali itu mengalami langakh maju mundur, dan terpaksa ditunda tahun depan (2021). Semua ini bermula karena merebaknya isu pandemi virus Corona yang sudah merenggut banyak korban jiwa. Padahal semua kompetisi domestik sepakbola Eropa bakal berkahir bulan Maret 2020 pada mulanya, dan akan langsung dilanjutkan dengan pagelaran Piala Eropa pada bulan Juni hingga Juli 2020. Sayangnya mendadak semua rencanay itu buyar seketika.

Tercatat ada sebanyak 12 kota yang terdaftar untuk menjadi tuan rumah Piala Eropa 2020.

“Betul total ada 12 kota yang ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan Piala Eropa 2020, walaupun masih ada 3 yang masih butuh waktu untuk melakukan banyak persiapan”, jelas Ceferin.

“Saya pikir tidaklah bijak kalau kita selalu takut dengan virus Corona. Alasannya karena saya sama sekali tidak yakin, virus tersebut bisa hilang begitu saja dari muka bumi. Hal yang penting adalah kita sama-sama kembali melakukan kegiatan secara normal, namun tetap memberlakukan protokol kesehatan yang dianjurkan. Ini yang mendasari kami untuk fix menetapkan Piala Eropa 2020 tidak digeser-geser lagi, dan akan berlangsung pada musim panas tahun depan (2021)”, tambah Ceferin lagi.

Menurutnya juga, kondisi dunia yang tercekam dengan pandemi virus Corona memang sangat mengkhatirkan, akan tetapi Ceferin hanya melangkah dengan bermodal rasa optimis dan harapan besar saja.

Disisi lain, Ceferin juga sadar kalau liga-liga lokal di kawasan Eropa pun sudah mulai dilangsungkan lagi. Untuk menangani hal itu, UEFA dikatakan sudah berkonsultasi dengan tim ahli medis untuk meminimalkan resiko penyebaran Corona selama kompetisi liga lokal dan Piala Eropa 2020. Apalagi, vaksin anti Corona pun sama sekali belum bisa ditemukan hingga detik ini.

“Pokoknya saya percaya semua kegiatan kompetisi sepakbola kita di Eropa bisa sukses. Termasuk Piala Eropa 2020″, kata Ceferin sembari menyudahi percakapan.